Senin, 11 Mei 2015

Cegah Alpukat Berubah Warna Dengan Bawang Marah

Mengkutip dari : www.puspadanta.com


Puspadanta – Siapa yang tidak suka jus alpukat? Pasti kita semua menyukainya.  Alpukat ialah buah yang menjadi favorit ketika dibuat masakan ataupun minuman. Buah yang segar dan kaya manfaat ini, membuat orang berlomba-lomba berkreasi menciptakan sajian berbahan dasar alpukat. Selain nikmat, buah yang satu ini, sangat aman untuk diet, karena mengandung lemak tak jenuh dan nabati.
 
Sayangnya, alpukat cepat sekali berubah warnanya ketika dikupas, karena teroksidasi dan daging buahnya akan menjadi kecoklatan. Cara yang biasanya dilakukan untuk mencegah perubahan warna alpukat adalah dengan perasaan air lemon atau jeruk nipis. Namun, cara ini tidak akan bertahan lama.
 
Cara yang lebih dahsyat untuk menangkal perubahan warna daging alpukat adalah dengan bawang merah. Iris beberapa siung bawang merah. Kemudian, tempatkan irisan bawang ke dalam wadah plastik. Lalu, di wadah yang sama, masukkan potongan alpukat yang masih berkulit, diatas irisan bawang yang selanjutnya tutup rapat dan simpan dalam lemari es.
 
Nah, tips ini akan membantu menahan perubahan warna alpukat selama tiga hari. Hal ini bisa terjadi karena bawang merah akan mengeluarkan gas sulfur, yang akan membantu menghentikan proses oksidasi untuk sementara sehingga warna daging alpukat tidak menjadi coklat. (Lala)


Sumber : http://puspadanta.com/cegah-alpukat-berubah-warna-dengan-bawang-merah/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar